Tuesday 29 March 2016

Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor

Dak beton di rumah biasanya digunakan sebagai teras ataupun kanopi untuk jendela. Dak beton tak hanya dapat menciptakan pemandangan yang unik, indah dan rapi tapi juga dapat memberikan perlindungan maksimal dari hujan ataupun panas.

Sayangnya akibat pembuatan yang kurang baik ataupun faktor usia, dak beton di rumah kita dapat bocor atau rembes saat musim hujan seperti sekarang. Rembesan air akan merusak cat dan meninggalkan noda di bagian bawah dak, hal ini tentunya akan merusak penampilan rumah anda. Muncullah pertanyaan,"Bagaimana cara mengatasi dak beton bocor?"
Persiapan
  • Semen dan perlengkapannya
  • Waterproof
  • Kuas
  • Sikat
  • Cat
  • Mesin pemotong keramik, ataupun alat congkel lainnya
Langkah Menambal Dak Beton yang Bocor
  1. Carilah letak retak yang menjadi biang dak bocor. Caranya dengan menandai rembesan air yang terjadi di bagian bawah dak dan perkirakan dimana letak retakan yang ada di bagian atas.
  2. Setelah ketemu sumber kebocoran,
    • Retak besar
      Biasanya retakan besar akan ditumbuhi lumut ataupun jamur. Pertama-tama bersihkan dulu dengan sikat.
    • Retak kecil
      Untuk retakan kecil sebaiknya anda membuat celah yang lebih lebar agar adonan semen nantinya lebih rekat. Buatlah lubang lebar 2 cm dari sisi retakan dengan menggunakan mesin pemotong keramik ataupun alat lainnya.
  3. Pastikan celah retakan bersih lalu basahi dengan air, dimaksudkan agar adonan semen baru bisa menyatu dengan semen di dak yang sudah kering.
  4. Masukan adonan semen ke dalam retakan, pastikan semua celah tertutupi dengan padat dan baik.
  5. Kuaskan waterproof merata di permukaan tambalan semen tadi.
  6. Berikan lapisan cat di atas waterproof agar warnanya lebih cantik.
  7. Tunggu semuanya kering dan selamat dak beton yang bocor di rumah anda sudah teratasi.
Mungkin akibat kebocoran yang terjadi sebelumnya menyebabkan timbulnya noda/ jamur di plafon dak bagian bawah. Anda perlu menyikat bagian tersebut sampai bersih lalu memberinya cat senada dengan warna sekitarnya.
a style="margin-left: auto; margin-right: auto;" href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMvrMZ-33M8tl32yGksmPTGduMGcp2ULMov6L7qnxLyxH89vp_sjBIbEwlO3HH_ZEtqLpeTW07sbvAL9pJO-nKy355d8vkXtKyy5h2PuLjgUSGDC3-hUs4IDhJj5ebrkagbVfZ8v8Iq5g/s1600/Cara+Mengatasi+Dak+Beton+yang+Bocor.JPG">Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor
© diasen.com
Saran jika dak anda sudah tua/ lama, alahkah baiknya anda memberikan lapisan waterproof dan cat ke seluruh bagian dak beton. Hal ini sebagai tindakan pencegahan terjadinya rembesan air di dak beton. Saat ini juga waktu paling tepat untuk anda renovasi mengubah penampilan dak beton agar lebih fresh

0 komentar:

Post a Comment